5 Cara Mengatasi Kecanduan Bermain Game Pada Anak

5 Cara Mengatasi Kecanduan Bermain Game Pada Anak - Memiliki anak yang berprestasi di sokalahnya merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi orang tuanya.
Selain membuat orang tuanya bangga si anak juga kedepannya akan menjadi orang yang baik dan berguna.
Tapi semua mimpi itu akan sirnah bila anak hanya senang bermain game sepanjang hari dan tidak mau belajar, bukannya dapat prestasi di sekolahnya tapi malahan bisa tidak naik kelas.
Jika sudah seperti ini orang tua pun hanya bisa menyalahkan pihak sekolah karena anaknya tidak naik kelas, tapi ketahuilah buat anda yang sudah memiliki anak kalau tanggung jawab belajar anak anda itu bukan hanya pada pihak sekolah saja.
Karena bagaimanapun orang tua dirumah juga harus mengajari anaknya dan tidak terlalu memanjakan anak terlebih memperboleh anak anda bermain game setiap hari.
Jika anak anda bermain game sepenjang hari anak anda suatu saat pasti akan kecanduan juga yang pada akhirnya akan membawa dampak buruk bagi si anak.
Misal anak anda tidak punya konsol game atau playstasion dan anda tidak memberinya uang untuk menyewa playstasion bisa saja anak anda sampai mencuri uang untuk dapat terus bermain game karena anak anda sudah tidak bisa mengendalikan dirinya untuk tidak bermain game alias sudah kecanduan game.
Maka dari itu perhatikanlah kegiatan anak anda dirumah dan jangan terlaku sering diberi waktu untuk bermain game, tapi jika anak anda sudah terlanjur kecanduan bermain game mungkin tips berikut bisa membantu anda agar anak anda tidak kecanduan main game lagi.



Tips Cara Mengatasi Kecanduan Bermain Game Pada Anak :

1. Berikan Anak Anda Bermain Dengan Teman - Temannya
Magsudnya disini adalah memberikan anak anda bermain dengan teman - temannya seperti melakukan permainan sepak bola, naik sepeda atau yang lainnya asal tidak main game.
Si anak pasti akan senang dan lupa bermain game karena sudah bermain dengan temannya, disamping itu jika anak anda mau bermain permainan olah raga misalnya sepak bola anak anda tentunya juga akan menjadi lebih sehat.

2. Memberikan Anak Anda Less Tambahan Sesuai Dengan Hobinya
Misalkan anak anda hobi bermain musik, maka ada baiknya anda mencarikannya guru private musik.
Karena selain dapat membantu anak anda lupa bermain game, siapa tau anak anda memang punya bakat pada hobinya tersebut dan dengan seringnya latihan anak anda akan tambah pintar dan tidak mungkin dia akan mewujudkan cita - citanya di usianya yang masih anak.
Contohnya sudah banyak sekarang artis - artis cilik bertebaran di televisi mulai dari penyanyi sampai pemain sinetron.
Jadi daripada anda membiarkan anak anda bermain game lebih baik mensupport hobi anak anda dengan mencarikan guru private.

3. Jangan Biarkan Anak Anda Bosan Di Rumah
Biasanya hal yang mempengaruhi anak suka main game adalah karena rasa bosan, apalagi anak yang ditinggalkan bekerja pada orang tuanya pasti bosan sekali dan memilih bermain game untuk melampiaskan rasa bosannya.
Jadi lebih baik sesibuk apapun anda bekerja sebaiknya luangkan sedikit waktu untuk anak anda sehingga anak anda tidak pernah bosan berada di rumah dan tidak memilih bermain game sebagai pelampiasan rasa bosannya.

4. Menyediakan Kegiatan Menarik Buat Anak
Anda dapat menyediakan kegiatan menarik yang mampu membuat rasa ingin tahu si anak meningkat, sehingga anak akan mulai bosan bermain game yang itu - itu saja.
Contoh kegiatan menarik buat anak seperti memancing, bermain layangan, belajar melukis dan masih banyak yang lainnya.
Tentunya hal ini juga tidak terlepas dari orang tua, karena orang tualah yang patut menyediakan kegiatan - kegiatan tersebut.

5. Membatasi Bermain Game
Kalau anak anda langsung disuruh untuk tidak bermain game pasti menolak, maka dari itu mulai sedikit demi sedikit membatasi waktu bermain game pada ana, karena terlalu lama bermain game juga bisa membuat mata si anak sakit.
Waktu yang wajar untuk anak bermain game setiap harinya adalah antara 1-2 jam.

Semoga dengan tips Cara Mengatasi Kecanduan Bermain Game Pada Anak di atas, anak anda mampu lepas dari kecanduan bermain gamenya dan menjadi anak yang berprestasi di dalam maupun di luar sekolah.
Yang terpenting disini adalah peran orang tua untuk mengurus dan memantau perkembangan anak sehingga anak anda tidak sampai kecanduan bermain game atau ke hal buruk lainnya.

Anda sedang membaca artikel - 5 Cara Mengatasi Kecanduan Bermain Game Pada Anak